• Home
  • Contoh Surat Keterangan Kerja dari Perusahaan

surat keterangan kerja atau sertifikat pengalaman kerja adalah surat atau dokumen yang digunakan seseorang untuk membuktikan atau memverifikasi riwayat pekerjaan dari karyawan yang masih bekerja atau mantan karyawan.

blog-thumb

surat keterangan kerja atau sertifikat pengalaman kerja adalah surat atau dokumen yang digunakan seseorang untuk membuktikan atau memverifikasi riwayat pekerjaan dari karyawan yang masih bekerja atau mantan karyawan.

Jika karyawan tersebut tidak lagi bekerja di suatu perusahaan, mantan karyawan tersebut dapat meminta surat keterangan kerja yang diterbitkan oleh perusahaan tempat dia sebelumnya bekerja. Surat ini biasanya akan digunakan untuk melengkapi persyaratan pekerjaan untuk tempat kerja baru.

Tidak hanya surat ini untuk mantan pegawai yang ingin mencari pekerjaan, pegawai yang masih bekerja juga bisa meminta sertifikasi untuk berbagai keperluan lainnya. Seperti mengajukan beasiswa, membuat visa, menyiapkan rekening bank, memberikan pinjaman ke bank, dll.

Formulir sertifikat kerja

Surat keterangan kerja biasanya terdiri atas kop surat, nama dan alamat perusahaan, nama dan identitas karyawan, deskripsi pekerjaan atau pengalaman kerja, pengesahan berupa tanda tangan karyawan atau pihak lain yang berkepentingan dan cap perusahaan.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat contoh sertifikat kerja berikut:

1. Surat keterangan kerja dari perusahaan

Biasanya karyawan yang masih bekerja di perusahaan yang mengeluarkan sertifikat menggunakan kata sertifikat kerja dari perusahaan tersebut.

Surat-surat ini umumnya dibuat untuk melengkapi persyaratan seperti mengajukan beasiswa karir, membuat rekening bank, atau mengajukan visa perjalanan.

Untuk melengkapi Sertifikasi Ketenagakerjaan, Anda juga bisa menyertakan Nomor Induk Pegawai (KTP) agar lebih spesifik.

2. Sertifikat pengalaman kerja

Berbeda dengan contoh kata sertifikasi kerja sebelumnya, sertifikasi ini umumnya digunakan untuk mantan karyawan yang ingin melamar pekerjaan baru.

Oleh karena itu, dalam akta kerja akan memuat informasi tentang lamanya karyawan bekerja, yang terdiri dari tanggal pertama kali masuk kerja dan tanggal terakhir bekerja di perusahaan.

Pembuat surat juga dapat menambahkan penilaian kinerja karyawan selama bekerja di perusahaan.

3. Surat keterangan kerja untuk membuka rekening bank

Contoh terakhir adalah contoh sertifikat usaha untuk membuka rekening bank. Di badan pesan, Anda menyertakan nama bank yang dituju dan apa yang perlu dilakukan.

Selain membuka rekening bank, surat ini juga bisa Anda gunakan untuk melakukan pinjaman ke bank, termasuk posisi karyawan dan masa kerja.

Cara Membuat Surat Keterangan Kerja

Saat menyerahkan surat keterangan kerja, Anda harus memperhatikan dan memastikan bahwa informasi yang terdapat di dalam surat keterangan tersebut sudah benar, dan menunjukkan bahwa Anda saat ini sedang bekerja atau pernah bekerja untuk perusahaan tersebut.

Langkah-langkah / Cara membuat surat keterangan kerja:

  • Anda dapat membuat sertifikat bisnis menggunakan Microsoft Word atau Google Docs.
  • Buka salah satu aplikasi tersebut, kemudian buat kop surat yang terdiri dari logo, nama perusahaan dan alamat di kop surat.
  • Selanjutnya tulis kalimat “LETTER DESCRIPTION” dalam huruf besar dan garis bawah.
  • Di bawah surat pernyataan tertulis, cantumkan nomor surat.
  • Kemudian tulis nama dan ID pembuat surat tersebut. Jika tidak ingin mencantumkan nama dan identitas pembuat surat, Anda juga dapat menggantinya dengan nama perusahaan sebagai perwakilan pembuat surat.
  • Tuliskan kalimat “benar-benar menyatakan itu” atau “jelaskan” yang dilengkapi dengan titik dua (:).
  • Kemudian tulis nama karyawan, jabatan, dan ID karyawan.
  • Lengkap dengan penjelasan yang menjelaskan bahwa karyawan tersebut bekerja atau sedang bekerja di perusahaan.

Jangan lupa untuk mencantumkan tanggal Anda tiba di tempat kerja, tanggal Anda berhenti bekerja, atau kalimat “sejauh ini” untuk karyawan yang masih bekerja di perusahaan tersebut.

Tutup kalimat penutup, tempat dan tanggal penulisan, tidak lupa tanda tangan, nama yang jelas, dan lokasi pembuat pidato.

Setelah melengkapi surat keterangan kerja, tempelkan surat tersebut pada cap perusahaan dan minta sertifikasi dari perusahaan sebagai bentuk surat keabsahan.

Surat keterangan kerja yang tidak dilengkapi cap perusahaan atau sertifikasi legal biasanya dipertanyakan. Oleh karena itu, Anda perlu benar-benar memastikan apakah Surat Keterangan Kerja Anda dilegalisir dengan stempel perusahaan atau tidak.

Bagaimana dengan toppers, tidak mudah membuat sertifikat bisnis? Padahal, surat keterangan kerja dari setiap perusahaan bisa jadi memiliki format yang berbeda. Namun demikian, isi surat keterangan kerja tetap sama, yaitu meliputi identitas pegawai, jabatan dan keterangan yang membenarkan riwayat pekerjaan.

Selama surat keterangan kerja Anda memuat informasi yang lengkap dan telah disertifikasi oleh perusahaan, maka dapat dikatakan surat tersebut valid dan dapat Anda gunakan untuk berbagai keperluan yang memerlukan persyaratan surat tersebut.

comments powered by Disqus